Cara Membuat Link URL ID di LINE

Leave a Comment
CV. Jaya Gemilang
Jika Anda pengguna Instagram atau yang biasa melakukan transaksi online dengan Instagram pastinya sudah akrab dengan ID Line dalam bentuk URL atau alamat situs. Line memiliki ID dalam bentuk yang cukup beragam mulai dari no handphone, ID dalam bentuk nama dan yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah ID line dalam bentuk URL. 

Apa sebetulnya fungsi URL ID Line ini? jawabnnya sebetulnya untuk kepraktisan orang atau teman atau customer yang ingin menambahkan Anda sebagai teman. Dengan membuka link ini maka orang tidak perlu repot mencari nama ID Line Anda di mesin pencari Line. Hal ini tentu saja akan sangat cocok jika Anda kebetulan menggunakan ID Line dengan ejaan yang cukup sulit. 


Karena kebetulan saya juga pengguna Line untuk keperluan OL Shop berikut ini saya berikan contoh ID URL Line yang sudah jadi. Jika Anda pengguna Android maka cukup mengklik link maka akan otomatis di arahkan ke ID Line Online Shop Saya, namun jika Anda mengkases via PC ID tersebut hanya akan muncul kode QR seperti gambar dibawah ini. 


Oke mari kita mulai saja tutorial membuat URL ID Line. 

Buka Line Anda kemudian pilih menu tambahkan teman atau lihat menu simbol orang dengan tanda +, lihat pada gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya. 


Kemudian cari menu Undang pada menu paling pojok kiri sebelah kode QR, lebih detailnya lihat pada gambar dibawah ini


Anda akan diarahkan untuk memilih mengundang teman dengan tiga cara yaitu melalui SMS, Email dan Bagikan, pilih saja menu Email.


Selanjutnya Anda akan terhubung dengan email yang sesuai dengan email Gmail di dalam Android yang Anda miliki. Kontak di email Android akan muncul dengan sendirinya dengan catatan jika Anda memiliki teman di email tersebut, jika tidak memiliki teman sama sekali baiknya tambahkan dulu teman agar dapat melanjutkan proses berikutnya. 


Cukup undang satu saja teman atau keseluruhan teman jika sekalian ingin mengundang menjadi teman Line Anda. 

Proses berikutnya Anda akan diarahkan untuk memilih jenis email yang sudah terinstal di Android Anda, disini saya memilih email Gmail. Lihat contoh pada gambar dibawah ini. 


Secara otomatis setelah menekan menu Gmail maka surat undangan sudah tertulis di menu compose pada email Anda. geser kursor ke bawah dan lihat pada bagian akhir diatas kode QR ada link URL yang merupakan Link URL ID Line milik Anda. Lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.


Proses pembutan ID Url Line Anda sudah berhasil. Jika ingin benar-benar mengundang teman dengan email cukup tekan menu Send atau kirim pada email tersebut, namun jika hanya ingin mengetahui URL ID Line milik Anda tidak perlu dikirim. Cukup simpel dan mudah. Akhir kata selamat mencoba.

Update 22 April 2016 :
Silakan simak tutorial terbaru Cara Membuat Link URL ID di LINE di Blog Kumpulan Tutorial. Perbedaan dengan tutorial yang ada di Blog Android ini adalah jika Email yang ada di ponsel tidak tersedia.

Yaris Heykers

0 comments:

Post a Comment